f

kumpulan cerpen cinta, cerpen sedih, cerpen gaul, cerpen islami, puisi cinta, puisi galau dan artikel islami, komik muslimah dan lain-lain

Masih Adakah Alasan Tidak Berhijab

Masih Adakah Alasan Tidak Berhijab 

assalamu'alaikum,pada kesempatan kali ini, admin akan membahas sedikit tentang kekacauan berhijab ala zaman modern yang admin rasa sangat mengkhawatirkan dari hari ke hari, berhijab tetapi berbaju ketat, berhijab tetapi tidak menutup dada, berhijab tapi punuk untanya setinggi langit, berhijab tetapi tidak melindungi dari kemaksiatan, berhijab tetapi ...... !!! Na'udzubillahi min dzalik. 
sebenarnya apa sih hijab itu ??

jilbab gaul, tutorial hijab
hijab menurut bahasa arab artinya pembatas.
bagi seorang muslimah hijab itu adalah menutup aurat kecuali yang biasa tampak darinya (wajah dan telapak tangan) agar dapat melindungi mereka dari gangguan syaitan yang berwujud manusia. :)

bagimana penjelasan al-quran tentang hijab ??

mari kita baca, cermati dan perhatikan isi dari sepenggal ayat alquran dalam surah annur ayat 31 ini :


وَ قُلْ لِلْمُؤْمِناتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصارِهِنَّ وَ يَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَ لا يُبْدينَ زينَتَهُنَّ إِلاَّ ما ظَهَرَ مِنْها وَ لْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلى‏ جُيُوبِهِنَّ

(Wahai Rasulullah) Dan katakanlah kepada kaum wanita yang beriman  agar mereka menahan pandangan mereka dan menjaga kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali sesuatu yang (biasa) tampak darinya. Hendaknya mereka menutupkan kerudung mereka ke dada mereka (sehingga dada mereka tertutupi).


dan juga, perhatikan ayat 59 dari surat al-ahzab berikut ini :

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا (59)

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab:59)

menurut ayat diatas, seorang muminat diperintahkan untuk menahan pandangan, menjaga kemaluan dan memakai kerudung yang menutupi dada. bisa dikatakan inilah pengertian hijab dalam al-quran, hijab itu mengulurkan pakaian keseluruh tubuh dan tidak membentuk lekukan tubuh, tidak transparan.

Maha suci Allah yang telah memberikan kita gelar seorang muslimah pada zaman yang benar-benar hanya menanti hari kiamat datang, segala puji bagi Allah yang menghidupkan kita ke dunia dalam keadaan islam.

sahabat muslimah, tidak ada satu alasanpun seorang muslimah tidak berhijab.

jika alasannya, "hijabkan hati dahulu baru menghijabkan diri",

siapa yang mengajarimu tentang alasan ini ?? apakan mereka yang benar-benar telah berhijab atau mereka yang sengaja memamerkan tubuh mereka ??

hijabkan hati ??? 

mungkin yang dimaksud berbuat baik kali ya :D, soalnya admin ngga pernah nemuin hadis atau firman Allah tentang hijab hati/jilbabkan hati, emang hati busa di pakein hijab ya ? hihih, jangan mengada-ada yak, karena segala sesuatu yang mengadakan yang tidak ada didalam sunnah adalah bathil.

kalau memang benar maksudnya berbuat baik, oke, kamu lebih istimewa ketika kamu berhijab + baik hati :).
  
atau kamu tidak berhijab karena ungakapan ini "percuma berhijab tetapi kelakuan bejat".

:) sebagai seorang muslimah yang dimuliakan Allah, mari kita berfikir lebih cerdas, 

 coba perhatikan kembali firman Allah diatas, ada perintah berbuat baik dulu baru berhijab ??? tidak, Allah memerintahkan seluruh muslimah untuk menutup aurat, dan tidak ada hubungan antara berbuat baik dan berhijab. tidak ada ayat al-quran ataupun hadis yang menyandingkan antara berbuat baik dan menutup aurat seperti halnya Allah menyandingkan mendirikan sholat dan membayar zakat ( وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ ). 

sahabat muslimah yang saya sayangi, jangan pernah menyangkut pautkan masalah perbuatan dengan hijab, perbuatan yang kamu lihat adalah perbuatan terhadap manusia, tetapi setidaknya ia telah berbuat baik kepada Rabbnya yaitu menutup aurat.

dan juga ada perkataan yang seumpama ini "berhijab tetapi masih saja pacaran, bahkan ada yang berzina"

:) :) hukum pacaran bahkan berzina sekalipun baik bagi perempuan yang berhijab ataupun tidak sama saja, yaitu haram. tetapi saudariku, mengapa kita mencela hijabnya ketika mereka melakukan maksiat, kebanyakan kita beralasan "banyak perempuan berhijab tetap pacaran" untuk tidak berhijab.

gini dech, yang berhijab aja pacaran apalagi yang ngga berhijab ??? lebih baik berhijab dan ngga pacaran :)

yang kita perhatikan mereka yang berhijab dan berbuat kesalahan, tetapi memalingkan pandangan dari mereka yang berhijab dan selalu berbuat kebaikan. mengapa harus terfokus pada contoh yang tidak baik, mengapa berpaling dari mereka yang berhijab dan selalu berbuat baik ??, aayyoo, coba dijawab ?? hehehe

sekarang apalagi alasanya tidak berhijab, "takut tidak laku atau ngga bakalan nikah kalau nutup aurat??"

ckckckc, emang kita barang ya, pake laku ngga laku. semua orang didunia ini tau jodoh dan waktu perjodohan itu sudah ditentukan oleh Allah. dan kita juga tau, perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan sebaliknya laki-laki yang baik juga untuk perempuan yang baik. nah, caranya mendapatkan pasangan yang baik adalah memperbaiki diri menuju Allah.

untuk lebih jelas lagi, coba cermati firman Allah pada surat annut :26

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖوَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).

kita tau hal itu dan tidak mengingkari hal demikian, tetapi masih saja banyak alasan untuk tidak berhijab. kita ini bukan barang pasaran, siapa mau silakan beli.

kita ini muslimah, muslimah yang telah diangkat derajatnya oleh Allah, muslimah yang diamanahkan kepada seorang laki-laki langsung Allah menjadi saksi. menemukan jodoh bukan mengobral diri dengan membuka aurat, mungkin dapat jodoh, tapi sebanding dengan bagaimana kamu. 

ingatwanita itu bukan barang obralan, tetapi mutiara surga, jadi kita tinggal pilih mau jadi barang obralan atau mutiara surga ??  :) :)

masih adakah alasan tidak berhijab ??

 "takut tidak dapat rezky"

hmmm, rezky itu juga ditentukan Allah tergantung usahanya kita. sahabat, pintu rezki itu banyak, maka carilah ditempat-tempat yang baik. :). kamu berhijab bukan berarti rezkimu di tutup, semua tergantung usaha :).

"belum siap berhijab ??"

sahahat muslimah yang baik hati, coba cermati lagi firman Allah diatas, berhijab bukan menunggu kesiapan seseorang, berhijab wajib, sama halnya pergi ke kantor, niat ngga niat kita harus ngator, nggak ngantor kenak SP, hihihi, kalo ngga berhijab, siap-siap catatan amal sebanyak aurat yang terlihat x banyak orang yang melihat x berapa lama aurat terbuka, ckckckc, maaf ini hanya rumus dari logika saya sendiri. oke, kembali ke bahasan awal, berhijab itu wajib, tidak ada niat berhijab bukan berarti Allah mengizinkan kita membuka aurat. belum siap berhijab, bukan berarti dibolehkan tidak berhijab. kaitkan ke masalah kantor lagi, belum siap ngantor tapi tetap harus ngantor biar dapat gaji full dan ngga dimarahin boss, belum siap berhijab, tetapi wajib berhijab guna meraih surga, yang paling berharga. :)

jadi kapan siapnya ?? gimana kalau kita meninggal dalam keadaan belum siap berhijab ? atau malah kejadian gini, udah lama niat behijab, eehhh pas besoknya bener-bener udah mau pake hijab, ternyata hari ini ketemu malaikat izrail, mau ngomong apa lagi coba ?? 

hijab itu "WAJIB" bukan "MENUNGGU SIAP" (y)

berhijab itu bukan untuk diri kita saja, tetapi berhijab juga untuk menjaga ayah kita, saudara laki-laki kita, suami kita dan anak laki-laki kita dari siksaan api neraka .

nah, bagi yang telah berhijab, ingat, punuk unta di kepalanya yak, untuk masalah punuk unta telah dibahas disini "hukum berhijab punuk unta".


sahabat muslimah yang saya cinta, saya bukan seorang yang sempurna, saya bukan juga orang yang berani menegur berkali-kali scara langsung sahabat muslimah yang menggunakan hijab menggulung-gulung di kepaladan yang tidak berhijab. saya juga bukan seorang yang seutuhnya berakhlak baik.

tidak ada satu orangpun yang sempurna di dunia ini, tetapi mengapa kita tidak berusaha menjadi yang mendekati sempurna ?, dengan tidak adanya orang yang sempurna, bukan berarti kita menerima diri kita apa adanya, berusaha menjadi baik adalah sebuah kesempunaan :)

saya seorang perempuan yang terlahir sebagai seorang muslimah, mengajak diri saya sendiri dan seluruh muslimah dimanapun berada mari "berhijab syar'i", mari kita berusaha menjadi bagian dari surga :) :)

semoga pembahasan diatas bisa membuat banyak muslimah berhijab dan tau untuk apa kita harus berhijab. karena hijab bukan perintah manusia, tetapi berhijab adalah langsung perintah Allah :)


0 komentar:

Posting Komentar

berikan komentar pada tulisan ini dengan kata yang sopan dan bijak ya sahabat media ^_^, jika komentar dianggap spam oleh admin komentar akan di delete ^_^ terimakasih