f

kumpulan cerpen cinta, cerpen sedih, cerpen gaul, cerpen islami, puisi cinta, puisi galau dan artikel islami, komik muslimah dan lain-lain

contoh makalah : Social network

social network, photo sociaal network

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG

Social networking merupakan suatu jejaring sosial yang berhubungan dengan internet yang berkembang sangat pesat di kalangan masyarakat dunia. Perkembangan yang pesat menjadi sebab utama banyaknya persaingan manusia untuk menciptakan program socio network seperti facebook, twitter, yahoo messenger, my space.

              Penggunaan internet bukanlah suatu hal yang istimewa untuk kalangan tertentu, baik dari segi profesi, kalangan masyarakat, pendidikan dan usia. Hampir semua golongan masyarakat sudah tahu dan akrab dengan internet. Internet merupakan salah satu hasil dari kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi buatan manusia. Internet adalah singkatan dari  Interconnected Networking  yang apabila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti rangkaian  komputer  yang terhubung di dalam beberapa rangkaian jaringan. Fungsi internet bermacam-macam, dan salah satunya adalah sebagai tempat komunitas jejaring sosial dunia maya. Jejaring sosial  merupakan suatu layanan dari sebuah cakupan sistem software internet yang memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi dan berbagi data dengan pengguna yang lain dalam skala waktu dan ruang yang tak terbatasi.
              Kecanggihan teknologi yang semakin berkualitas, semakin memudahkan masyarakat dunia untuk mengakses bermacam-macam informasi maupun data dengan pengguna internet yang lain dengan jarak yang tidak dibatasi.
             Di lingkungan Indonesia dapat ditemukan warung internet  (warnet) yang mudah ditemukan di sepanjang jalan. Adanya fasilitas wi-fi yang di berikan ditempat-tempatumum, seperti cafe, mall maupun tempat rekreasi. Bahkan hampir seluruh masyarakat memiliki hanphone yang memiliki aplikasi-aplikasi internet. Kemudahan yang diberikan menyebabkan sebagian masyarakat menjadikan internet sebagai kebutuhan sehari-hari. Dalam arti lain “TANPA INTERNET PENGETAHUAN AKAN TERSEMBUNYI atau dalam kata lain KUPER (KURANG PERGAULAN)”.
            Tetapi ketergantungan masyarakat terhadap internet dapat memberikan pengaruh yang signifikan, baik itu pengatuh positif maupun negatif. Bahkan dikalangan remaja pengaruh negatif menjadi pengaruh yang luar biasa tidak bisa dihindari tanpa adanya bimbingan atau pengawasan orangtua.
           Social network seperti facebook dan twitter memdominasi jejaring sosial dunia. Hampir 90% masyarakat dunia mempunyai akun facebook dan twitter. Pemanfaatan untuk mencari lawan bicara atau teman atau pemanfaatan untuk bisnis sering menjadi aktivitas terbesar di dunia jejaring sosial terutama dikalangan masyarakat Indonesia.
          Bukan hal yang mustahil beberapa tahun kedepan akan muncul jejaring sosial yang lebih banyak lagi karena banyaknya peminat masyarakat terhadap keunggulan-keunggulan mudah melalui akun-akun tertentu.
         Contoh-contoh aplikasi atau situs yang berkembang pada saat ini, seperti situs pertemanan, promosi, milis, dan aplikasi-aplikasi lain. Di antaranya adalah GoogleTalk, AIM, Yahoo, Multiply, Live Messanger, mIRC, My Space, Friendster, dan Facebook dan twitter.


BAB II
PEMBAHASAN

           Social network berkembang pada saat ini telah menguhubungkan jutaan bahkan milyaran penduduk dunia yang berjarak dekat atau jauh sekalipun. Bendungan termminal sistem yang mengatur setiap pengguna akan membawa pengguna kepada situs browsing yang ingin dibuka oleh pengguna.
Berbagai informasi dan data yang dimasukkan ke situs atau akun tertentu akan dapat dilihat oleh masyarakat yang berjarak sangat jauh. Pengiriman informasi atau data yang begitu cepat memudahkan dan mempercepat kinerja seseorang dan mempererat pertemanan antara satu dengan yang lainnya melalui dunia maya.
Macam macam social network

Banyak sekali jejaring sosian(social network) yang muncul baru-baru ini. Namun disini saya akan menjelaskan beberapa saja.

1. facebook
           facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang sangat populer saat ini dari kalangan muda hingga orang tua banyak menggunakan media ini untuk silaturahmi, dan saling berkomunikasi. Social network ini memberikan fitur fitur yang memudahkan kita untuk berkomunikasi oleh siapa saja,seperti berbalas wall (seperti berbalas pesan),chating, kita juga bsa berbagi foto, video dll.
Facebook yang berkisah dari kecanggihan otak seorang manusia yang lahir pada tahun 1984 di White Plains, New York yang bernama Mark Zuckerberg dimana dengan hasil karyanya , majalah bergengsi Forbes menempatkan Mark di posisi 35 orang terkaya sedunia. Kekayaan Mark hingga tahun 2012 diperkirakan sebesar US$ 17.5 miliar atau setara dengan Rp 161,142 triliun.

           Facebook  dapat juga diartikan sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook memungkinkan  para pengguna menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Sejarah  Facebook  berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial  Facebook. Pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke Sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya.
           Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006  Facebook  mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat  email. Pada waktu itu jumlah pengguna Facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi  Facebook. Tetapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan sangat besar. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar

2.Twitter
           Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Karena tampilan twitter yang simpel membuatnya tidak terlalu sulit untuk mempelajarinya . fitur yang ditawarkan adalah berbalas twit / mention (seperti wall di facebook) . Salah satu keunikan dalam twitter adalah adanya trending topic yang dapat dilihat oleh seluruh penghuni dunia yang bermain twitter.

3.Yahoo Messenger
          Yahoo Messenger yaitu sebuah situs web terkenal dengan sebutan Ym ini dimiliki oleh Yahoo yang berguna untuk Chatting Online di dunia maya selain Facebook, yahoo Messenger tersedia secara geratis dan dapat di download serta diakses mengunakan Yahoo, ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo, seperti Yahoo Mail, pengunaan ID ini juga mengakibatkan penguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah E-mail.
Yahoo di ciptakan pada bulan Januari 1994, Jerry Yang dan David Filo membuat sebuah situs web yang diberi nama "Jerry's Guide to the World Wide Web." Awalnya, situs Jerry's Guide to the World Wide Web hanyalah sebuah direktori daftar bookmark yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Fungsinya hanyalah sebagai penunjuk bagi situs-situs lain.
          Bulan April 1994, "Jerry's Guide to the World Wide Web" diganti namanya menjadi “Yahoo!”. Nama baru ini diambil oleh Filo dan Yang dari novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Mereka memilih kata unik tersebut karena menyukai makna katanya yang berarti “primitif, kuno, kasar”. Selain itu Yahoo juga adalah singkatan dari "Yet Another Hierarchical Officious Oracle". Sedangkan alamat URL-nya adalah: akebono.stanford.edu/yahoo.

4. google plus
          mirip seperti facebook namun dengan tampilan yang lebih menarik. belum banyak penggunanya tapi juga sangat berpengaruh terhadap kemajuan social network.

5. my space
          lebih banyak digunakan oleh band-band atau penyanyi-penyanyi untuk mempromosikan dirinya. karena tampilannya sendiri yang khas.

Dampak sosial network di masyarakat

Dampak positif dari social network:
•    mempermudah orang dalam mencari kerabat lama, dengan informasi yang cukup jelas dan nama yang lengkap, setiap hanya tinggal mencari kerabatnya melalui social network.
•    sumber informasi ter up-date. setiap orang dapa menginformasikan apapun yang dia tahu.
•    menambah teman. seseorang yang tidak saling kenal dapat saling mengenal melalui pertemanan di social network.
•    semakin dekat dengan kehidupan orang lain. setiap orang dapat menuliskan kejadian yang dia alami sehingga tidak perlu menanyakan kabar seseorang, cukup melihat status yang dia buat.
•    menyatukan banyak kalangan. mulai dari golongan paling tinggi sampai yang paling rendah mempunyai derajat yang sama di dunia social network.

Dampak negatif social network :
•    informasi yang lengkap dan terkesan blak-blakan membuat seolah tak ada ruang privacy bagi setiap orang.
•    informasi yang berupa berita di social network terkadang berupa hoax namun dapat dengan cepat memprovokasi masyarakat.
•    selain menambah teman dapat juga menimbulkan perselisihan diawali dengan status-status yang dikira menyindir.
•    terkadang seseorang terlalu banyak menulis kegiatan yang ia lakukan sehingga dapat saja memancing kejahatan.
•    banyak perdebatan mengenai beberapa petinggi yang aktif di social network yang membuat masyarakat meragukan kinerjanya walaupun sebenarnya tidak saling berhubungan.


BAB III
PENUTUP KESIMPULAN

          Perkembangan waktu dan modernisasi menjadikan internet sebuah kebutuhan dan aktivitas tetap manusia sebagai anggota masyarakat. Selain menjadi tuntutan profesi, pengembangan ilmu pengetahuan, berita, dan hiburan, menggunakan internet juga menjadi cara alternatif seseorang untuk berinteraksi sebagai makhluk sosial.
          Contoh-contoh aplikasi atau situs yang berkembang pada saat ini, seperti situs pertemanan, promosi, milis, dan aplikasi-aplikasi lain. Di antaranya adalah GoogleTalk, AIM, Yahoo, Multiply, Live Messanger, mIRC, My Space, Friendster,  Facebook dan twitter.

REFERENSI PENYUSUNAN
    http://agoesgokil30-ti.blogspot.com/2011/11/perkembangan-new-media-dan-macam-macam.html
    http://sejarah-yahoo.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

berikan komentar pada tulisan ini dengan kata yang sopan dan bijak ya sahabat media ^_^, jika komentar dianggap spam oleh admin komentar akan di delete ^_^ terimakasih